Auto Bat Script untuk Bikin Folder Project

Tips

Cara Membuat Beberapa Folder Sekaligus Secara Otomatis Di Windows Menggunakan Batch


Salah satu app di MacOS yang paling saya suka adalah Automator. Dengan app ini, kita bisa bikin automation workflow tanpa perlu nyekript... bikin script diketik manual maksudnya, tinggal drag & drop aja.

Nah, salah satu workflow dari Automator yang paling sering dipakai adalah untuk bikin struktur folder secara otomatis untuk projek yang akan digarap. Jadi tidak perlu berulang kali bikin susunan folder setiap mau bikin projek baru, cukup klik workflow yang dibikin di Automator tadi... jadi dah abrakadabret.

Sekarang lagi coba di Windows untuk bikin "app" yang sama... mmm... mungkin bukan app sih, terlalu canggih kalau ini disebut app, karena cuma file .bat aja hehehe. Dan sebagai pengingat kalau nanti lupa atau file .bat-nya hilang, jadi dicopas disini.

Struktur susunan folder yang saya ingin buat adalah:

* Nama Project
** assets
(seluruh file asset pendukung project disimpan disini, umumnya file pendukung seperti gading-gajah.jpg, gajah-betina.png, makanan-gajah.ai untuk file vector pendukung, dll).

** artworks
(seluruh file project disimpan disini, misalnya file gambar-gajah.svg, gambar-gajah.psd, gambar-gajah.ai, dll).

**dump
(seluruh hasil final yang sudah diexport disimpan disini, misal final.pdf, final.jpg, final.tiff, dll).
Dan dengan menyimpan file hasil akhir di folder dengan nama yang konsisten untuk setiap projek, kalau ada yang tanya dimana file final untuk projek A, gampang tinggal bilang aja di folder projek A folder dump.
Dan nantinya seiring berjalannya projek, didalam folder dump ini  akan saya bikin lagi folder tambahan seperti "OLD", untuk menyimpan hasil file-file final sebelum revisi. Dan dari penamaan filenya pun, untuk saya lebih mudah dengan menggunakan format:
mmyy_nama-file_versi.ext
contoh:
0317_annual-book-report_pt-sinar-rejeki_001.indd
dimana 03 menandakan bulan ke-3, 17 sebagai tahun 2017, diikuti dengan nama projek, diakhiri dengan versi.

** raw
(biasanya untuk simpan file diluar kategori diatas, seperti note reivisi, atau file brief pekerjaan dengan format *.txt, *.docx, dll).

Kalau untuk project bukan gambar-gambar, misal ingin membuat project folder pekerjaan motion graphic, susunan foldernya bisa disesuaikan, tapi biasanya kalau saya mah seperti ini:

* Nama Project Animasi
** assets
*** assets/clips
*** assets/audio
*** assets/images
** scenes
** renderedScenes
** dump
** raw


Berikut hasil "script" auto bat-nya:
@echo off
set /p x=Nama Project :
md "%x%"
cd %x%
md assets artworks dump raw


Nah diawal baris pertama perlu ada:
01. @echo off
Biar waktu dijalankan di command line tidak muncul semua tulisan script bat ini.


02.  set /p x=Nama Project :
Baris kedua untuk membuat variable "x" dengan nama yang akan diketik untuk nama projek yang diinginkan.


03. md "%x%"
Baris ketiga, untuk membuat folder atau directory dengan nama yang diketik tadi sewaktu muncul tulisan "Nama Project:" di teminal Wndows... bukan terminal Lebak bulus loh.


04. cd %x%
Baris ke-4 untuk pindah ke folder atau directory yang telah dibuat


05.  md assets artworks dump raw
Baris terakhir untuk membuat susunan folder dengan nama "assets", "artworks", "dump", dan "raw" didalam folder yang telah dibuat. Untuk baris terakhir bisa di modif sesuai kebutuhan, misal hanya butuh folder "images" aja, sok silahkan. Atau misal hanya perlu folder "kawinan", monggo silahken. Jika ingin menggunakan nama folder lebih dari 1 kata dan ada spasi, gunakan tanda kutip dobel buka dan tutup, misalnya ingin menambahkan folder dengan nama "Foto Bulan Madu", contohnya di baris ke-5 jadi seperti ini:
md assets artworks dump raw "Foto Bulan Madu"
Kalau didalam folder utama yang dibikin tadi tidak mau ada isi sub-folder didalamnya, gampang caranya, cukup diketik sampai baris ke-4 saja, atau alternatif cara paling mudahnya adalah klik kanan dan pilih new - Folder. Ya iyalah, kalau gk perlu bikin sub-folder tambahan ngapain pakai auto bat kaya gini ya?

Kalau sudah selesai, save filenya dengan extension bat. Jadi misal nama filenya "bikin_folder.bat" atau "bikin folder.bat", atau "bikin foto bulan madu.bat", terserah aja namanya, yang penting extensionnya kudu .bat. Namanya juga file auto bat.

Jika mengikuti dari script diatas (diluar yang ada bau-bau bulan madu atau kawinan), setelah dijalankan akan muncul  seperi ini:





 Setelah diberi nama "Project Bikin Animasi Gajah Terbang", akan muncul folder baru dengan susunan folder seperti ini:


Atau ini demo videonya:






Oks... semoga bermanpaat.

Komentar