Pengalaman Render dan Compose

Ah... setelah menunggu render dan compositing selama 4 hari, akhirnya jadi juga. Ini gambar hasil akhir dari proses tadi. 

Beberapa masalah sempat muncul saat proses render berlangsung, karena saya lupa aturan penting dalam render, yaitu harus selalu render dalam bentuk image sequence. 

Dalam benak saya saat itu adalah, oke lah ini cuma sekedar film animasi pendek bikinan sendiri, jadi langsung render ke fotmat mov aja deh. 

Tapi nasib berkata lain, waktu sedang render, aplkasi shake, mungkin karena sudah lebih 3 jam beroperasi, dia menghentikan proses rendernya. Hang!!!

Akhirnya render ulang dengan hasil akhir menjadi image sequence. 

Tapi akhirnya semua selesai. Bahkan saya musti membagi filenya menjadi 2 file terpisah, dimana file pertama untuk merender objek yang akan muncul bagian depan (foreground), dan file satunya untuk objek yang ada di belakang (background).  Sebenarnya sih ini untuk ngakalin aja, karena kalau tidak di pisah proses render akan menjadi lebih lama di komputer rakitan tradisional saya.  Dan untuk mempercepat proses saya juga yidak jadi menggunakan layer pass khusus umtuk ambient occlusion. Dan setelah coba di compose di shake, akhirnya memang tidak diperlukan pass ambient occlusion tadi. 

Nah... inilah gambar hasil proses berbelit tadi. 

Komentar