Pengenalan Dasar Bahasa Python di Blender

Pengenalan Dasar Bahasa Python dan Tipe Variable di Blender

 

*** Perhatian ***

Isi konten ini dibuat menggunakan Blender versi 2.47, jadi isinya sudah kurang relevan lagi jika menggunakan Blender versi terbaru.

***


Setelah kemarin habis baca-baca tutorial soal python untuk Blender, sekarang jadi agak soktoy (sok tau :p) neeh. Sekalian untuk catatan biar gak lupa dasar-dasar bahasa python.

Untuk pengenalan dasar bahasa python ini, yang di perlukan adalah software 3D Blender dan python. Disini saya menggunakan Blender 2.47 dan python 2.5.

Sebelum mulai jangan lupa nyalakan aplikasi Blendernya. Dan mengikuti tradisi lama "Hello World", ketik perintah dibawah ini di dalam python console Blender:
 
print "Hello World"


Akan muncul hasilnya berupa tampilan teks "Hello World" dibawahnya.

print adalah command standar bawaan python, untuk menampilkan teks atau disebut string, dan perlu menggunakan tanda kutip buka-tutup " ". Isi yang ada didalam tanda kutip itu akan dianggap sebagai string oleh python.

Nah apa itu string? Trus apa pula integer? Float? Halah....
String adalah sekumpulan karakter contohnya "Hello World" atau "Nama gue Joni" atau "^{LKmm". String ditulis didalam tanda kutip buka-tutup " ".

Integer adalah angka bulat, contohnya 1, 2, 3, 4 ... dst.

Float adalah angka pecahan, contohnya 1.5, 0.556, 12.44 ... dst.


Tidak seperti MEL atau PHP (tahunya cuman dua ini aja sedikit-sedikit sebelum belajar python), untuk melakukan deklarasi suatu variable harus diawali dengan tanda $, di python tidak perlu.

Contoh variable di MEL:
string $namaObj;
int $jumlahObj[];

 Contoh variable di Python:
namaObj
jumlahObj

Satu lagi, di MEL atau PHP, tiap line harus diakhiri dengan semicolon (;). Ini maksudnya untuk menghentikan proses baca script yang kita buat di line tersebut. Kalau di python, tiap line tidak perlu diakhiri dengan semicolon, tapi cukup dengan menambahkan line baru untuk baca line berikutnya. Caranya? setelah tulis satu line, tekan tombol enter  [^_^].

Nah kalau di MEL waktu deklarasi variable sebaiknya sudah di tentukan apakah itu string, integer atau float, kalau di python kok gak ada tulisan int, string atau float ya..? dari mana python tau itu tipe data apa?

Python bisa tau dari nilai yang di assign ke variable itu. Contoh:
namaObj = "Kotak"
jumlahObj = 12
print namaObj, "ada" ,jumlahObj

Hasilnya di console python Blender akan ada tulisan "Kotak ada 12". Kenapa bisa begitu?
Variable namaObj akan langsung dianggap string oleh python karena nilainya "Kotak" atau sekumpulan karakter string.

Variable jumlahObj akan langsung dianggap integer oleh python karena nilainya berupa angka bulat "12".

Pada saat perintah print dijalanakan, print akan menampilkan nilai dari variable namaObj dan digabung dengan string "ada" dan menampilkan nilai variable jumlahObj.

Ada lagi tipe data array. Misalnya string array, integer array & float array. Tipe data array pada variable maksudnya variable tersebut bisa menyimpan nilai lebih dari satu. Kalau tadi variable namaObj nilainya cuma "Kotak", itu berarti tipe datanya string biasa, karena nilainya tidak lebih dari satu di indexnya.

Contoh:
namaObj = "Kotak" # Ini tipe string biasa
listObj = ["Kotak", "Bola", "Raket"] # Ini tipe variable string array

Variable listObj memiliki nilai lebih dari satu index. Dalam array index selalu dimulai dari angka 0 (nol).

Contoh:
print listObj[0] # Akan menampilkan index pertama yaitu "Kotak"
print listObj[1] # Akan menampilkan index kedua yaitu "Bola"
print listObj[2] # Akan menampilkan index ketiga yaitu "Raket"

Kelebihan array di python dibandingkan MEL (atau PHP?) adalah tipe data nilainya bisa campuran antara string, integer dan float. Contohnya:

list = ["Kotak", 12, 3.56]
print list[0] # Akan menampilkan nilai string "Kotak"
print list[1] # Akan menampilkan nilai integer 12
print list[2] # Akan menampilkan nilai float 3.56

Nah karena ini hanya catatan untuk saya tentang pengenalan dasar bahasa python, maka cukup sekian dulu bahasannya. Mungkin dilain waktu, lain kesempatan, bisa sharing lagi lebih detail soal bahasa python.

Komentar