Jaka Saroeng - Reinkarnasi

Modeling Kepala Jaka Saroeng Menggunakan Blender

jaka saroeng head, jaka saroeng head modeling, how to model head in blender, blender head modeling, polygon head, ferdi
Ide untuk melanjutkan si superhero jagoan Indonesia asli Jakarta ini sudah lama ada di kepala. Tapi karena urusan membuat dapur ngepul lebih utama, maka proses ini pun berjalan seiringan dengan siput yang sedang istirahat. Walaupun demikian, sempat juga akhirnya ada waktu lowong untuk mencoba membangkitkan kembali si Jaka Saroeng ini ke dunia persilatan di Nusantara tercinta Indonesia.

Nah ini dia hasil orat-oret membuat modeling kepala 3 dimensi si superhero jagoan Indonesia, Jaka Saroeng, menggunakan Blender tentunya. Kalau dulu sempat bikin menggunakan Autodesk Maya, kini setelah cerai dengan Maya, berlabuh hati di Blender.

Untuk proses modeling kepala ini tidak terlalu rumit karena banyak menggunakan referensi terutama untuk membuat edge-loop pada wajah. Gunanya mengikuti tradisi menggunakan edge loop saat modeling kepala 3D ini adalah tidak lain agar saat objek kepala 3 dimensi itu dimanipulasi (deform), karena edge loop sangat mirip dengan bentuk otot pada wajah kita, maka diharapkan hasil deformasi pada wajah 3D ini juga bisa sesuai seperti yang diharapkan, sehingga hasil ekspresinya bisa terlihat natural.

Tapi memang untuk versi reinkarnasi ini, karakter superhero jagoan Indonesia ini terlihat lebih dewasa, dimana konsep awal dulu saat membuat si Jaka Saroeng, umur yang ditargetkan untuk Jaka Saroeng adalah diatas 10 tahun dan dibawah 14 tahun. Jadi mustinya rada-rada kyut gitu tampangnya.

Mungkin kalau ada waktu lowong lagi, saya akan coba modifikasi wajahnya agar terlihat lebih muda, kyut, dan agak kotak.

Sebelum waktu lowong datang menjemput dan api bara didapur bisa memberikan harapan, sepertinya proses reinkarnasi si superhero jagoan Indonesia asli Jakarta ini musti kembali berlomba adu lari dengan siput yang berjalan kekenyangan.



Komentar