Hasil Modeling 3 Dimensi Menggunakan Blender - Part 1

Hasil Gambar Modeling 3 Dimensi Menggunakan Blender


Ini adalah sebuah percobaan bagi saya yang sedang mempelajari modeling 3 dimensi menggunakan Blender untuk membuat animasi film pendek dengan judul "Cemetery". Animasi film pendek ini merupakan hasrat terpendam yang belum terpenuhi hingga sekarang. Walaupun begitu, beberapa konsep suasana kuburan sudah diterjemahkan ke bentuk 3 dimensi menggunakan Blender.

Hijrah dari program 3 dimensi sebelumnya (Autodesk Maya), menurut saya tools yang disediakan Blender untuk modeling 3 dimensi ini cukup mumpuni. Hasilnya seperti yang bisa dilihat di gambar-gambar dibawah ini.


blender 3d model by m ferdiansyah 


Modeling yang terberat adalah saat membuat objek pohon 3 dimesi karena bentuk batang, dahan, dan rantingnya yang organik, sehingga banyak melakukan randomisasi hehehehe. Mungkin dulu waktu masih menggunakan Autodesk Maya, ada yang namanya paintFX untuk membuat objek organic seperti ini. Nah kalau di Blender pohon ini dibuat secara manual. 

Tools bawaan Blender seperti extrude, merge vertices, delete edges, dan lainnya sangat membantu proses pengerjaan objek-objek disini. Mungkin yang rada membuat saya sedikit terhambat saat melakukan modeling objek-objek 3 dimensinya adalah kebanyakan tools yang disediakan Blender diakses melalui shortcut, sedangkan dulu di Autodesk Maya saya bisa mengakses tools tersebut melalui pop up menu bawaannya yang bisa dikustomisasi sehingga tools yang sering digunakan bisa dimasukan disitu dan diakses dengan satu shortcut saja. 




Namun secara keseluruhan modeling 3D menggunakan Blender tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kembali ke modeling 3D kuburan ini, dalam membuat tulisan 3D pun sangatlah mudah, padahal jenis huruf yang saya gunakan untuk tulisan "Cemetery" disini cukup rumit, tapi bisa ditangani dengan baik oleh Blender. 


blender 3d model by m ferdiansyah



Sekarang semoga saya bisa menyelesaikan seluruh modeling 3D untuk animasi film pendek ini dan memuaskan hasrat tependam saya membuat film animasi pendek menggunakan Blender...semoga...

Untuk melihat modeling 3 dimensi "Cemetery" bagian-2 bisa dilihat disini.

Komentar

  1. keren juga hasil karyanya...i like aku dah donwload tutorialnya lo entar aku pelajari. thank.

    BalasHapus
  2. keren juga karyanya...........aku download tutorialnya. buat belajar. thank

    BalasHapus

Posting Komentar

Monggo komennya