Demo Facial Rig Menggunakan Blender - Part 2

Video demo untuk facial rigging menggunakan aplikasi Blender

Bagian 2

 





Kali ini saya mencoba untuk melakukan facial rigging atau membuat kontrol animasi ekspresi wajah sebuah karakter yang dibuat menggunakan Blender, salah satu aplikasi 3 dimensi open source. Nah, untuk membuat ekspresi wajah yang cukup dinamis, saya menggunakan objek bones yang diatur dengan driven key agar bisa memanipulasi posisi objek bones tadi secara bersamaan. Dan karena banyaknya objek bones yang digunakan di sini, akan cukup melelahkan bila objek bones tadi tidak dihubungkan dengan driven key (baca tutorialnya driven key disini) karena harus dimanipulasi satu persatu untuk menghasilkan ekspresi wajah yang diinginkan.

Walaupun sudah menggunakan driven key untuk facial rigging ini, objek kontrol bones ini juga masih banyak, karena disesuaikan dengan kebutuhan saya untuk rigging wajah ini. Yang saya inginkan dari facial rigging ini adalah sebuah rigging wajah yang cukup mudah dan fleksibel saat di animasikan secara langsung tanpa perlu membuka tampilan kontrol tambahan, yang akhirnya menghasilkan banyak objek kontrol bones di tampilan viewport Blender. Dan disini saya juga tidak menggunakan blendshapes sama sekali. Jadi murni memanipulasi ekspresi wajah menggunakan objek bones saja.

Keuntungannya hanya menggunakan objek bones adalah, seperti yang sudah disebutkan diatas, objek bones bisa langsung dimanipulasi langsung di viewport Blender tanpa membuka tampian tambahan untuk pengaturan kontrol objek bones atau ekspresi wajahnya. Buat saya ini lebih memudahkan saat melakukan animasi facial, karena hanya fokus pada kontrol yang ada di viewport dan tidak perlu mengatur parameter atau kontrol lainnya.

Tapi ada kekurangannya, yaitu untuk mendapatkan beberapa pose ekspresi wajah bisa jadi sangat sulit karena terbatasnya jumlah kontrol untuk facial rig ini. Bisa sih ditambahkan objek kontrol bonesnya tapi berarti juga otomatis menambah jumlah kontrol bonesnya juga, yang kalau kebanyakan juga tidak akan optimal. Selain itu, saat proses membuat facial rig berbasis objek bones ini juga sangat kompleks dan cukup membuat mata pedih plus otak mendidih.

Setelah selesai facial rig ini, akhirnya saya berkesimpulan, mungkin idealnya adalah kombinasi antara kontrol langsung objek bones dengan blendshape yang dihubungkan dengan driven key. Mungkin bisa mengurangi jumlah objek kontrol bonesnya.

Semoga mencerahkan bagi yang sedang mempelajari facial rigging menggunakan Blender.

Komentar

  1. Nice work now I'm waiting by a making of or how a tutorial. Nice Job.

    BalasHapus
  2. Thanx Carlos. It was a test to do facial rig using bones instead of blendshapes.

    I kinda like the flexibility using bones for facial rig but the controllers tend to easily get a little bit messy after animating from expression to expression. Sometimes to get certain expression that controllers need to be move away beyond the object.

    Still doing some googling on how to pull this off so it will be more convenient to animate facial expression using bones.

    Cheers mate.

    BalasHapus
  3. Btw.. I like ur werks man! xpecially the monster, it's awesome.

    BalasHapus

Posting Komentar

Monggo komennya