Membuat Gambar Vektor Dengan Cara Tracing Menggunakan Inkscape

Suatu ketika sang penulis blog ini diminta untuk membuat sebuah maskot berbentuk karakter anak betawi untuk dipakai diacara sekolah anaknya. Konsep karakternya waktu diawal masih belum terbentuk karena dari pihak sekolah hanya bilang karakter maskot anak betawi... that's it. Jadi mulailah kita main tebak-tebakan seperti apa maunya dan bagaimana bentuknya si Jaja (nama maskotnya) ini nantinya.

Setelah corat-coret, kemudian coba kirim hasilnya dan seperti yang bisa ditebak sodara-sodari, hasilnya belum sesuai ekspektasi, dan akhirnya mereka memberikan contoh gambar yang diinginkan dari bentuk maskot yang pernah mereka bikin di tahun sebelumnya.

Oke... baru deh kebayang maunya seperti apa. Kembali ke kamar kerja, corat-coret, discan untuk kemudian di tracing jadi vektor dengan Inkscape. Beberapa perubahan untuk mulut, yang tadinya tertutup kini nyengir tiga jari pamer gigi putihnya yang besar. Kemudian setelah selesai jadi vektor, kirim ke sekolah, dan akhirnya jadi deh.

Tantangan yang paling menyita pikiran dan tenaga sewaktu bikin pola celana batik. Dicoba sana-sini sambil jungkir balik, akhirnya setelah semedi sepuluh hari, diputuskan untuk menggunakan tiling pattern yang kemudian dijadikan fill pattern untuk objeknya. Namun untuk memberikan kesan dimensi, ditambah objek bayangan didepannya bertumpuk dengan objek aslinya. Dan jadi juga deh maskot si Jaja anak betawi ini dengan cara tracing menggunakan Inkscape.

Berikut cuplikannya dibawah...

inkscape vector tracing

Komentar