Sekilas memulai startup


Salah Satu Langkah Awal Memulai Startup

Membuat Website Sebagai Etalase Perusahaan Startup di Era Digital






Dalam suatu kesempatan saya menghadiri acara meetup yang diadakan oleh Startup Lokal pada tanggal 24 April kemarin. Ya, acara ini adalah acara bagi mereka yang ingin memulai usaha startupnya sendiri, dan bagi mereka yang sedang mengembangkan usaha startup. Banyaknya peserta-peserta berjiwa muda yang enerjik serta fasih dengan dunia digital seperti social media, sangat memberikan inspirasi dan semangat untuk memulai startup sendiri. 

Dunia startup sendiri juga tidak jauh dengan dunia digital dan teknologi. Rata-rata para pemilik startup menggunakan produk dunia digital seperti website dan social media. Satu hal yang sangat menarik adalah saat pembicara di acara meetup startup tersebut, Nanda Ivens, menyebutkan pentingnya ke-exist-an kita yang sedang merintis startup di dunia maya. Kenapa? Karena di era digital sekarang dimana informasi bisa didapat dengan cepat, setiap orang akan mencari informasi tentang kita atau usaha startup kita melalui mesin pencari seperti google. Jika informasi mengenai kita atau usaha startup kita tidak dapat ditemukan dengan mudah dan cepat oleh orang lain, hilang sudah kesempatan kita untuk dikenal luas oleh orang lain.

Menurutnya, langkah awal agar usaha startup kita bisa dikenal oleh orang lain adalah dengan membuat website. Ya, website yang memberikan informasi tentang usaha startup yang sedang dirintis. Tanpa website, lupakan saja mimpi untuk memiliki usaha startup.  Website bagaikan kartu nama bagi pemilik startup.

Memiliki website untuk usaha startup relatif jauh lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan menyewa kantor dulu misalnya. Selain itu sangat banyak pilihan untuk memilih hosting website kita diluar sana dengan harga dan fitur beragam. Namun satu hal yang penting, jangan sampai salah pilih penyedia layanan hosting untuk website startup kita, agar terhindar dari masalah-masalah seperti website yang sering mati. Dan jangan lupa dengan support yang ditawarkan, apakah respon yang diberikan cepat dan memuaskan, atau lambat memberikan respon sehingga saat website startup kita bermasalah, mereka sulit dihubungi. 


Image courtesy of  KROMKRATHOG / FreeDigitalPhotos.net

Komentar